Jumat, 28 Oktober 2016

A.    ASPEK PSIKOLOGIS DARI INDIVIDU PENGGUNA INTERNET
Banyak aktivitas yang dapat dilakukan melalui internet ini baik untuk bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, perdagangan, hukum, pembayaran, dan hiburan. Penyebab penggunaan internet semakin meluas ke beberapa bidang kehidupan yaitu karena adanya karakteristik yang saling terhubung sehingga sanggup menjangkau seluruh bagian dunia melalui apa yang dinamakan dengan jaringan computer. Karena itulah maka melalui internet sebagai media, memungkinkan segala aktivitas yang dilakukan bersifat global.
Dalam menggunakan internet, kebanyakan orang menggunakan identitas diri yang nyata dan bahkan ada juga yang secara virtual. Melalui identitas online konsisten dengan teori-teori pembentukan sosial. Identitas online dapat digunakan untuk mengeksplorasi aspek-aspek diri, memfasilitasi kesadaran diri yang lebih besar dan menjadi katalis untuk perubahan positif. Bahkan identitas online justru memfasilitasi flexible selves seseorang yang merupakan adaptasi yang wajar dan perwujudan eksplorasi diri. Dunia maya juga memfasilitasi keterbukaan emosional di ruang maya yang membuat individu mampu mengekspresikan diri dan dimengerti. Hubungan yang berarti terbentuk di dunia maya, kerena media ini secara natural memfasilitasi individu memaparkan diri lebih intim denga mediasi layar dan nama samaran.
Terdapat banyak sekali jejaring social yang dibuat dengan menggunakan identitas palsu. Di internet, kita dapat memperlihatkan jati diri kita dan juga menyembunyikan jati diri kita yang sesungguhnya. Akibatnya, kejahatan kerap kali terjadi dalam dunia maya. Sebagai contoh adalah kasus penipuan atau penculikan yang marak beredar.
Dunia virtual memang bukan dunia real. Kartunis Peter Steiner pernah mengirim karikatur seekor anjing sedang bermain internet dan dipublikasikan di The New Yorker, 5 Juli 1993 dengan tulisan “On the internet, nobody knows you’re a dog.” Sementara itu, pemikir Prancis Jean Baudrillard menandaskan dunia sekarang semakin masuk ke hipperrealitas di mana kita tidak bisa membedakan mana yang asli dan mana yang bukan. Perasaan kita bisa turut lebih hanyut pada penderitaan tokoh dalam sinetron yang notabene tidak nyata daripada tersentuh dengan nasib tetangga yang nyata ada dan sedang kena musibah. Psikolog John Suler, seperti dikutip dari buku “Facebook and Philosophy: What’s on Your Mind?” (2010), mengatakan bahwa dunia online telah memicu “disinhibition effect” di mana orang lebih gampang menampilkan kesejatian dirinya (self-disclose) bila dibanding dalam dunia nyata. Di sini, orang bisa mengeluarkan semua isi hati, kekesalan, kritikan, komentar provokatif, dan sebagainya.
Orang yang dalam dunia nyata terkenal pendiam, bisa menjadi pembual di dunia online. Hal ini kental dengan unsur paradoksnya, yakni orang berani menampilkan dirinya yang nyata (real self) di media yang tidak nyata atau lebih tepat disebut sebagai dunia virtual dan dengan identitas yang anonim.

B.     ASPEK DEMOGRAFIS DARI INDIVIDU PENGGUNA INTERNET
Berbagai aspek yang kiranya akan terpengaruh akan diuraikan berikut ini:
1.      Perbedaan Kepribadian Pria Dan Wanita
Kehadiran komputer dan internet telah merubah dunia kerja, dari tekanan pada kerja otot ke kerja otak. Implikasinya adalah perbedaan perilaku pria dan wanita semakin mengecil. Kini semakin banyak pekerjaan kaum pria yang dijalankan oleh kaum wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya. Selain itu semakin banyak wanita yang menjadi pimpinan perusahaan dan sekaligus menjadi pemilik perusahaan. Di Indonesia selama 54 tahun merdeka belum pernah ada wakil presiden wanita, kini di tahun 1999 Indonesia sudah memilikinya. Peran wanita dalam pengambilan keputusan dalam kehidupan keluarga semakin besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Amerika Serikat 75 persen dari keputusan yang menyangkut kesehatan dalam keluarga diputuskan oleh wanita. Wanita membeli 50 persen dari mobil yang terjual di Amerika. Bahkan Toyota melaporkan bahwa 60 persen pembeli mobil mereka adalah kaum wanita. Sekitar 80 persen dari belanja keperluan konsumen sehari-hari dibelanjakan oleh kaum wanita.
2.      Perkembangan Koginitif
Berbeda dengan menonton televisi yang para penonton bersifat pasif, internet dan permainan elektronik sangat bersifat interaktif. Diduga internet dan permainan elektronik dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan anak-anak dan orang dewasa.
3.      Pola Interaksi Antar Manusia
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet ( warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

Sumber :

C.     PERAN SOSIAL INDIVIDU DALAM INTERNET BERKAITAN DENGAN PROSOSIAL
Jejaring sosial merupakan ilmu yang mempelajari mengenai pola interaksi dalam masyarakat. Menurut definisi oleh Wasserman dan Faust (1994) jejaring sosial dapat dipandang sebagai sistem hubungan sosial ditandai dengan serangkaian actor dan ties dalam sosial mereka. Secara umum actor mengacu kepada perorangan, organisasi, industri, atau bahkan suatu negara. Actor juga didefinisikan sebagai social entities, dapat berupa individu maupun kolektif dalam unit sosial dihubungkan dengan garis konektivitas (ties).

D.    DAMPAK NEGATIF PENGGUNA INTERNET
Dampak negatif yang terjadi bisa saja orang menjadi anti sosial, adanya pornografi yang tersebar dengan bebas, gambling dan deinviduasi. yang dimaksud dengan :
1. Anti sosial : sikap anti sosial adalah bentuk sikap seseorang yang secara sadar atau tidak sadar tidak dapat menyesuaikan diri dengan norma-norma dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat. Tidak banyak berbaur dengan masyarakat di sekitarnya.
2. Pornografi : dengan canggih nya teknologi internet maka semua informasi pun bias di dapat tetapi banyak yang salah gunakan internet dengan melihat situs yang tidak pantas untuk anak-anak di bawah umur.
3. Gambling :  Gambling disebut juga Perjudian atau taruhan dari uang atau sesuatu dari bahan nila pada sebuah peristiwa dengan hasil yang tidak pasti dengan tujuan utama untuk memenangkan uang tambahan atau barang materi, yang mana perjudian tidak hanya dilakukan secara konfesional akan tetapi banyak terdapat pada dunia cyber yang berskala global.
4. Deinviduasi : suatu proses hilangnya kesadaran individu karena melebur di dalam kelompok ataud bisa dikatakan sebagai pikiran kolektif. Deindividuasi (Diener : 1980), yaitu merupakan penggantian identitas pribadi oleh identitas kelompok. Mencakup atas hilangnya tanggung jawab pribadi dan meningkatnya kepekaan atas tindakan kelompok.

Sumber:

E.     INTERNET ADDICTION
Kecanduan internet digambarkan sebagai gangguan kontrol impuls, yang tidak melibatkan penggunaan obat memabukkan dan sangat mirip dengan judi patologis. Beberapa pengguna internet dapat mengembangkan keterikatan emosional dengan teman-teman on-line dan kegiatan yang mereka buat pada layar komputer mereka. Pengguna internet dapat menikmati aspek dari Internet yang memungkinkan mereka untuk bertemu, bersosialisasi, dan bertukar pikiran melalui penggunaan chat room, situs jaringan sosial, atau "komunitas virtual." Pengguna Internet lainnya menghabiskan berjam-jam meneliti topik yang menarik online atau "blogging". Blogging adalah kontraksi dari istilah "Web log", di mana seorang individu akan memposting komentar dan menjaga kronik rutin peristiwa. Hal ini dapat dipandang sebagai journal dan entri terutama tekstual.
Efek dari Internet Addiction : 1Penurunan hubungan kehidupan nyata terganggu akibat penggunaan berlebihan internet. Individu yang menderita kecanduan internet menghabiskan lebih banyak waktu dalam pengasingan soliter, menghabiskan lebih sedikit waktu dengan orang-orang nyata dalam kehidupan mereka, dan sering dipandang sebagai sosial canggung. 2Menghasilkan ketidakpercayaan dan gangguan kualitas dalam hubungan stabil sekali. 3Berisiko tertinggi untuk terciptanya kehidupan rahasia adalah mereka yang menderita rendah harga diri perasaan tidak mampu, dan takut ketidaksetujuan. Seperti negatif konsep diri menyebabkan masalah klinis depresi dan kecemasan.
Penyebab dari Internet Addiction : Dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik atau masalah medis seperti: Sindrom Carpal Tunnel, mata kering, sakit punggung, sakit kepala parah, makan penyimpangan, (seperti melewatkan makan), kegagalan untuk menghadiri kebersihan pribadi, dan gangguan tidur.

1.      Cognitive-behavioral Model
Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah psikoterapi pendekatan yang membahas emosi disfungsional, perilaku maladaptif dan proses kognitif dan isinya melalui sejumlah berorientasi tujuan, prosedur sistematis eksplisit. Nama ini mengacu pada terapi perilaku , terapi kognitif , dan terapi berdasarkan kombinasi dasar perilaku dan kognitif prinsip dan penelitian. Kebanyakan terapis bekerja dengan pasien yang berhubungan dengan kecemasan dan depresi menggunakan campuran kognitif dan terapi perilaku. Teknik ini mengakui bahwa mungkin ada perilaku yang tidak dapat dikontrol melalui pemikiran rasional. CBT adalah "problem focused" (dilakukan untuk masalah tertentu) dan "berorientasi pada aksi" (terapis mencoba untuk membantu klien dalam memilih strategi khusus untuk membantu mengatasi masalah tersebut). CBT dianggap efektif untuk pengobatan berbagai kondisi, termasuk suasana hati , kecemasan , kepribadian , makan , penyalahgunaan zat , tic , dan psikotik gangguan. Banyak CBT program perawatan untuk gangguan tertentu telah dievaluasi untuk keberhasilan , tren perawatan kesehatan pengobatan berbasis bukti , di mana perawatan spesifik untuk diagnosis berdasarkan gejala disarankan, telah disukai CBT atas pendekatan lain seperti psikodinamik perawatan.
2.      Neuropsychological Model
Neuropsikologi mempelajari struktur dan fungsi otak yang berkaitan dengan spesifik psikologis proses dan perilaku . Hal ini dipandang sebagai sebuah bidang klinis dan eksperimental psikologi yang bertujuan untuk mempelajari, mengkaji, memahami dan mengobati perilaku yang berkaitan langsung dengan fungsi otak. Dalam prakteknya neuropsychologists cenderung bekerja dalam pengaturan penelitian (universitas, laboratorium atau lembaga penelitian), pengaturan klinis (yang terlibat dalam menilai atau mengobati pasien dengan masalah neuropsikologi), forensik atau pengaturan industri (sering sebagai konsultan di mana pengetahuan neuropsikologis diterapkan pada desain produk atau manajemen farmasi penelitian klinis-percobaan untuk obat yang mungkin memiliki dampak potensial terhadap SSP berfungsi). 
3.      Compensation Theory
Dalam psikologi , kompensasi adalah strategi dimana satu menutupi, secara sadar atau tidak sadar, kelemahan, frustrasi , keinginan, atau perasaan tidak mampu atau ketidakmampuan dalam satu bidang kehidupan melalui gratifikasi atau (berkendara menuju) keunggulan di daerah lain. Kompensasi dapat menutupi kekurangan baik nyata atau khayalan dan inferioritas pribadi atau fisik. Kompensasi positif dapat membantu seseorang untuk mengatasi kesulitan seseorang. Di sisi lain, kompensasi negatif tidak, yang menghasilkan perasaan rendah diri diperkuat. Ada dua jenis kompensasi negative : Overcompensation dan Undercompensation.
4.      Situational Factor
Faktor situasional akan hal-hal di luar kendali yang langsung, seperti lingkungan, tindakan orang yang mereka tidak tahu, atau bahkan bisa menjadi seperti peralatan yang menggunakan. Saya akan menggunakan lingkungan sebagai salah satu contoh dari situasional. 

F.      JENIS-JENIS ADIKSI
Adiksi internet adalah keadaan dimana terjadi ketidak-mampuan seseorang untuk mengontrol penggunaan internet yang pada akhirnya dapat menyebabkan keadaan stress maupun gangguan pada fungsi individu tersebut. Analisa data dilakukan menggunakan program SPSS 15.0. hasil penelitian yang didapatkan adalah jenis kelamin, status ekonomi, usia waktu mengenal internet, persepsi manfaat dari penggunaan internet, persepsi kemudahan menggunakan internet, persepsi rasa senang diri dari menggunakan internet dan durasi penggunaan internet mempengaruhi tingkat keparahan adiksi. Jenis-jenis adiksi nya adalah sebagai berikut : adiksi fisik, adiksi mental, adiksi emosional, adiksi spiritual, tahapan kecanduan.


Sumber:

http://www.addictionrecov.org/Addictions/index.aspx?AID=43


http://minyarnysitumorang.blogspot.co.id/2013/11/psikologi-dan-internet-dalam-ruang_5053.html





1 komentar :

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus